Headlines News :
Home » » MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA

MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA

Written By Hotmaida Sitompul (Admin Blog) on Friday 28 November 2014 | 01:49



MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (TEBAK KATA)

A.    Pengertian  Model Pembelajaran Cooperative Learning (Tebak Kata)

Metode ini berguna untuk kelas yang aktif dalam kelas. Pengertian aktif terdapat 2 (dua) macam, yaitu:
1.  Aktif dalam arti selalu atau suka berbicara meski tidak dalam pembelajaran,
2.  Aktif dalam arti siswa mau dan mampu berfikir dan bertanya jika menemukan kesulitan.

Dalam buku Cooperative Learning PAIKEM oleh Agus Suprijono menjelaskan pembelajaran aktif  yaitu: Pembelajaran adalah proses belajar dengan menempatkan peserta didik sebagai center stage performance, dengan proses pembelajaran yang menarik sehingga siswa dapat merespon pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan. Sedangkan aktif adalah siswa atau peserta didik mampu dan dapat bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan.

Maka dari itu, berlangsungnya proses pembelajaran tidak terlepas dengan lingkungan sekitar atau tidak terbatas pada empat dinding kelas. Melainkan pembelajaran dapat terlaksana dengan pendekatan lingkungan menghapus kejenuhan dan menciptakan peserta didik yang cinta terhadap lingkungan sekitar. Sedikit contoh metode Pembelajaran Aktif yaitu dengan Metode Tebak kata.

Model pembelajaran tebak kata adalah model pembelajaran yang menggunakan media kartu teka-teki yang berpasangan dengan kartu jawaban teka-teki. Permainan tebak kata dilaksanakan dengan cara siswa menebak kata yang dimaksud oleh kartu soal teka-teki dengan kartu jawaban yang tepat. Melalui permainan tebak kata, selain anak menjadi tertarik untuk belajar juga memudahkan dalam menanamkan konsep pelajaran akuntansi dalam ingatan siswa. Jadi, guru mengajak siswa untuk bermain tebak kata dengan menggunakan media kartu dari kertas  karton dalam mata pelajaran akuntansi.

 

B.     Penerapan Metode Tebak Kata dalam Proses Belajar Mengajar

Dalam menerapkan metode permainan ada beberapa hal yang harus disiapkan adalah sebagai berikut :
1.  Siapkan materi yang akan di sampaikan.
2.  Siapkan bahan ajar yang di butuhkan.
3.  Siapkan kata kunci yang akan di pertanyakan.


Media:

Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak. Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di telinga.


Langkah-langkah :

1.    Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit.

2.    Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas

3.    Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10×10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya (pasangannya) diberi kartu yang berukuran 5×2 cm yang isinya tidak boleh di baca oleh siswa yang akan menebak kata. Kartu boleh ditempelkan di dahi atau ditempat yang tidak bisa dibaca oleh siswa yang akan menebak kata.

4.    Sementara siswa membawa kartu 10×10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10×10 cm. jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.

5.    Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.

6.    Dan seterusnya.



C.     Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Cooperative Learning (Tebak Kata) dalam Pemanfaatannya


• Kelebihannya :

1.      Anak akan mempunyai kekayaan bahasa.

2.      Sangat menarik sehingga setiap siswa ingin mencobanya.

3.      Siswa menjadi tertarik untuk belajar

4.      Memudahkan dalam menanamkan konsep pelajaran dalam ingatan siswa.

5.      Pembelajaran berlangsung menyenangkan

6.      Siswa diarahkan untuk aktif


• Kekurangannya :

1)      Memerlukan waktu yang lama sehingga materi sulit tersampaikan.

Bila siswa tidak menjawab dengan benar maka tidak semua siswa dapat maju karena waktu terbatas.






DAFTAR PUSTAKA


Aswita, Effi.2012. Strategi Belajar Mengajar,(diktat). Medan:

Share this article :

8 comments:

Total Pageviews

me

me

Translate

Popular Posts

 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SALING BERBAGI (Hotmaida Sitompul) - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by