Headlines News :
Home » » PERMAINAN TRADISIONAL

PERMAINAN TRADISIONAL

Written By Hotmaida Sitompul (Admin Blog) on Saturday 14 March 2015 | 20:19


          Halo sobat smuanya, kali ini saya mau share mengenai permainan tradisional anak, mungkin di jaman sekarang ini sudah mulai jarang terlihat, yah karena dizaman sekarang sudah begitu banyak permainan di gadget-gadget yang sangat lebih modern ataupun di warent-warnet sudah bnayak menyediakan jasa game online dan ada khusu untuk main PS. Namun walaupun demikian menurut saya nih yah sobat, lebih seru permainan tradisional dari pada permainan  yg modern sekarang ini. Klo kita perhatikan setiap anak sibuk dengan gadetnya masing-masing tanpa perduli dengan lingkungan sekitar karena sudah begitu asyik dengan mainannya. Tapi kalau kita lihat ke permainan tradisional, hampir smua permainan dimainnkan secara berkelompok, nah disini dituntut kerjasama setiap tim. Dan setiap anak akan berinteraksi dengan teman-teman lainnya sehingga lebih tercipta rasa kekeluargaan gitu deh sob. Dulu zaman penulis masih anak-anak begitu banyak permainan tradisional yg sering penulis mainkan dengan teman-teman. Ni dia beberapa permainan tradisional yang masih penulis ingat

1.     Pecah piring
Mungkin beda daerah beda lagi namanya yah sob, tapi kami menyebutnya demikian. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim. Tugasnya adalah melempar bola kasti ke batu yg disusun bertingkat, nah pada saat batu yang dilempar jatuh, itulah mulainya permainan. Tim yang menjatuhkan susunan batu tersebut meyusun kembali batu seperti semula. Dan lawan menghalangi dengan melemparkan bola kepada tim yang sedang menyusun, apabila bola mengenai bagian badan yg telah ditentukan maka yg bermain gantian, yaitu tim yg kena lempar bola akan menjadi penghalang dan melempar tim penyusun. Nah tim yang berhasil menyelesaian menyusun batu hingga semuanya tersusun rapi bertingkat, timnyalah yg menang. Biasanya di akhir permainan ini tim yg kalah akan dihukum dengan hukuman menggendong tim yg menang sejauh kesepakatan dari awal. Seru kan ^_^
2.    Gateng (siada)
Nah ini permainannya menggunakan batu-batu kecil mungkin besarnya kira-kira sebesar kelereng. Ada banyak jenis permainan gateng. Bisa dimainkan 2 orang namun bisa juga dimainkan lebih dari 2 orang secara bertim. Dan dalam permainan ini kita harus mengumpulkan point. Dari awal telah disepakati berapa point yg akan dicapai, yang bertama berhasil meraih point yg ditentukan dialah pemenangnya.
3.    Tin
Permainan ini tidak kalah seru, permainan ini terdiri dari beberapa orang, dan bukan tim. Nah kita mengumpulkan setumpuk dedaunan. dan nantinya dedaunan tersebut di tendaing sejauh mungkin dan berserakan oleh salah satu yg ikut bermain, saat yg bersamaan semua pemain bersembunyi ditempat yg aman, yg kira-kira penjaganya tidak melihat. O yah penjaga maksudnya orang yg bertugas mencari. Penjaga mengumpulkan kembali dedaunan di tempat semula. Dan mencari para pemain apabila dia melihat maka nama pemain yg dilihat akan disebutkan namanya, dan berlari ketumpukan dedaunan sambil berkata tin, namun apabila pemain yg bersangkutan berlari kencang dan pertama menginjak dedaunan sambil berkata tin maka dia tidak tertangkap (aman) Untuk menentukan siapa yg jaga dilakukan hompimpa dan suit. Dan kita akan berusaha mengelabui penjaga, begitu penjaga jauh dari tumpukan dedaunan yg bermain berlari dan menginjakkan kaki sambil berteriak tin, artinya kalau kita berhasil tin (aman). Maka setelah semua pemain telah tertangkap akan ada putaran selanjutnnya untuk yg berhasil tin.apabila penjaga tidak bisa menemukan kita, dan kita berhasil menyerakkan kembali dedaunan maka teman kita yg sebelumnya sudah tertangkap berhak ikut bermain lagi, mungkin istilahnya kita melepaskan mereka. Dan pergantian penjaga akan dilakukan apabila semua anggota pemain berhasil ditemukan oleh penjaga dan berikutnya yg akan menjadi penjaga adalah yg pertama dapat.
4.    Prancis (cendong)
Permaian yg ini hampir sama dengan permainan tin. hanya saja permainan ini menggunakan tempok sebagai tempat prancis dan tidak ada ulangan bagi peserta yg berhasil mencapai prancis tapi yg prancis tidak akan menjadi penjaga. Oyah dan penentuan penjaga adalah setiap pemain akan berbaris memanjang ke belakang dan penjaga menghadap tembok, nah si penjaga menyebutkan no urutan yg akan jadi penjaga no yg disebut akan menjadi penjaga selanjutnya namun apabila no yg disebut adalah no yg berhasil prancis maka akan di ulang kembali menyebutkan no hingga yg disebut yg tidak berhasil prancis. Jadi yg menjadi penjaga selanjutnya belum tentu yg pertama dapat.
5.    Ampera (lompat tali karet)
Permainan ini biasanya dimainkan para anak cewek namun tidak menutup kemungkinan dimainkan oleh cowok ^_^. Permainan ini terdiri dari 2 tim, dan permainannya hanya melompat karet yg telah di rantai memanjang, dan gerakan setiap urutan berbeda-bea, pertama dari kepala, kuping, bahu, ketiak, pinggang, pipit (tutup mata), merdeka.
6.    Patuk lele
Ini permainan menggunakan dua buah stik kayu, satu stik pendek satu lagi panjang sebagai alat pemukul. Permainan ini dimainkan dua tim juga. Dan tim yg menjaga berusaha menangkap stik kecil yg dilemparkan pemain. Dalam permainan ini tiap tim berusaha mengumpulkan point hingga nilai tertinggi yg ditentukan. Dan perhitnungan point ditentukan sejauh mana stik kecil dilemparkan dari titik awal. Untuk hitungannya biasanya berdasarkan kesepakatan ada titik tertentu. Dan bagi penjaga juga tidak menutup kemungkinan mengumpulkan poin, apabila penjaga berhasil menagkap stik kecil yg dilemparkan pemain akan mendapat poin, biasanya apabila dengan kedua tangan point yg di dapat 50, tanan kiri 150, tangan kanan 100. Ada beberapa tahap dalam permainan ini, apabila tahap pertama gagal maka anggota tim pemain bergantian hingga semua dapat giliran. Oyah, pergantian tim yg bermain dilakukan apabila tim yg jaga berhasil melemparkan stik kecil ke tempat stik besar diletakkan yaitu di titik awal.
7.    Steka/engklek
Permainan ini bisa dilakukan secara tim namun bisa juga dilakukan dua orang, dan permaian ini menggunakan sebuah batu kecil yg disebut gacop. Tempat permainannya di tanah yg telah digambar sedemikian rupa sesuai jenis yg telah disepakati, karena ada banyak jenis gambarnya dan permainannya juga berbeda seperti: steka lengser, steka baju, steka jawa, steka jolma (manusia). Gacop digunakan untuk penentuan awal permainan. Dan setelah semua gambar terlalui maka akan dilanjut dengan permainan kepala, maksudnya gacop ditaruh di atas kepala, trus kita melalui gambar-gambar yg ada, kemudian permainan tangan, sama halnya dengan permainan kepala, gacop di letakkan di atas tangan, dan di bolak balikkan selama perjalanan, dan uniknya pada saat di adaerha tertentu gacop harus berada di punggung tangan, kalau tidak maka gagal dan terjadi pergantian pemain. Selanjutnya permainan kaki, gacop di letakkan di punggung kaki sambil di goyang-goyang. Oyah gacop yg di letakkan di kepala, tangan dan kakai tidak boleh terjatuh, kemudian ada lagi namanya sipippit (tutup mata), dengan mata tertutup melewati pola dari steka tersebut dan menemukan gacop yg telah kita lemparkan. Dan yg terkhir adalah pengambilan bintang, kita berbalik badan membelakangi gambar steka kemudian melemparkan gacop ke arahnya, apabila gacop tepat dikotak kita berhak atas kotak tersebut.  Dalam permainan ini berlomba mengumpulkan bintang, apabila semua kotak sudah ada yg punya maka permainan selesai dan pemilik kotak yg paling banyklah pemenangnya. Oyah apabila permainan ini dilakukan dengan tim, maka apabila salah satu anggota tim yg bermain tidak bisa menyelesaikan satu tahapan, maka teman satu timnya yg berhasil boleh membantunya yaitu dengan cara teman yg berhasil bermain ulang dengan menggunakan gacop temannya yg kalah dan menyelesaikannya hingga berhasil (nah saling tolong  menolong sob, kerjasama yg baik kan,, ^_^ )
8.    Batu lobang (congak)
Permainan ini skarang mungkin masih sering ditemukan karena ada alatnya yg dibuat khusus dari plastic sehingga awet, namun kalau dulu penulis di kampung tidak ada yg namanya congak dari plastic sperti skarang ini, namun tidak menyurutkan niat untuk bermain, alhasil tanah di halaman rumahlah yg jadi korban di buat lobang hehehe, dan untuk batunya kita mengumpulkan batu-batu kecil, oyah, setelah selesai bermain batu lobang ini, kedua telapak tangan akan berabu, kenapa tidak yg kita penggang batu di atas tanah, bahkan terkadang tanahnya ikut juga terangkkat, tapi itulah keseruannya.

Masih banyak lagi nih sobat permainannya, tapi masih ada kerjaan lain, jadi namanya ajah yg sobat yg saya buat, gak papa kan sobat? (gak papa kok) hehehe.
Ini dia permainan-permainan tradisional :trang-trang buku,kelinci,kucing-kucingan,karet, tembak-tembakan (oyah ini bukan di tembak pake pluru yah, hanya menyebutkan namanya saja sudah berarti di tembak, jdi bukan adu fisik), baju-bajuan, stukkel (engkrang), skring, main 25, donal bebek,kwaci, Bandar-bandaran, skolah skolahan, masak-masakan,gala bilon (sambar) dan masih banyak lagi maaf yah sobat penulis lupa deh apalagi namanya pokoknya masih banyak deh, kalau sobat ada yg tau permainan tradisionalnya sewaktu kecil, bisa juga di buat kolom komentar ^_^, itung-itung nostalgia masa kecil hehehe. Mungkin dari beberapa permainan tersebut, sobat juga pernah melakukannya hanya saja mungkin namanya yg berbeda karena tiap daerah berbeda, kebetulan penulis berasal dari suatu desa di daerah toba, nah nama permainannya ada yg menggunakan bahasa Batak Toba ^_^. Dan biasanya nih sobat setiap permainan itu ada masanya. Dan apabila udah musim, behhhhhh setiap anak akan berkecimpung dengan permaianan yg sedang buming (kompak kan,,,,, hehehe).

 Oyah sobat, dari setiap permainan ini ada satu yg unik menurut penulis, yaitu hampir dalam setiap permainan ada yg namanya anak bawang, nah maksudnya dia tidak akan pernah menjadi penjaga, dia hanya main saja, nambah-nambah keseruan, dan biasanya yg jadi anak bawang anak kecil yg memang belom paham betul permainannya (biasanya anak-anak yg blom skolah ataupun yg masih kelas 1 SD). Terkadang kalau dia tidak ikut, akan menangis, nah kita mengalah deh dia ikut tapi jadi anak bawang yg penting hepiiiiiii (bagus kan sobat kitanya, menyayangi yg kecil heheheheh #*agak lebai deh saya*#.
Sudah dulu yah sobat smoga bermanfaat dan membuat sobat teringat akan masa-masa kecil yg indah ^_^ .

Share this article :

0 komentar:

Terima Kasih Sobat Telah Berkunjung ^_^

Dikomen yah sob dengan bahasa yg santun demi perbaikan kedepannya:)

Total Pageviews

me

me

Translate

Popular Posts

 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SALING BERBAGI (Hotmaida Sitompul) - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by