Headlines News :
Home » » RPP AKUNTANSI SMA KELAS XII

RPP AKUNTANSI SMA KELAS XII

Written By Hotmaida Sitompul (Admin Blog) on Friday 28 November 2014 | 01:57



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT  
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Mata Pelajaran           : Ekonomi
Kelas  / Semester         : XI IPS / II
Pertemuan ke              : 1
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit



Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa 

Kompetensi Dasar     : Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi

Indikator                   : 1.  Menjelaskan perkembangan akuntansi
  2.  Menjelaskan Akuntansi Sebagai Informasi
  3.  Menjelaskan Konsep Dasar dan Pemakai Informasi Akuntansi


A. Tujuan Pembelajaran : 1.Siswa dapat  menjelaskan perkembangan akuntansi
 2.Siswa dapat memahami Akuntansi Sebagai Informasi  
 3.Siswa dapat memahami Konsep Dasar dan Pemakai Informasi Akuntansi

Karakter siswa yang diharapkan  : 
Ø  Kerja keras, Jujur, saling menghargai.

B. Materi Pokok
Akuntansi sebagai sistem informasi
C. Uraian Materi
a)       Akuntansi sebagai sistem informasi
b)    Konsep Dasar dan Pemakai Informasi Akuntansi

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami akuntansi sebagai sistem informasi
·Mengkaji referensi tentang pengertian dan jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional
·   Siswa dapat Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
·   Siswa dapat  Menjelaskan syarat-syarat kualitas sistem informasi.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan singkat tentang kompetensi dasar yang harus dicapai dan esensi dari materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai akuntansi sebagai sistem informasi sangat penting agar siswa terdorong untuk mempelajari ilmu akuntansi lebih lanjut.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa diberi tugas untuk membuat ringkasan tentang akuntansi sebagai sistem informasi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
  • Hasil kerja individu (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang diberikan oleh guru  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

G. Sumber /Alat
a.     Sumber Bahan   : -  Buku Akuntansi 1 SMA kelas XI penerbit Yudhistira 2006
-     Buku Ekonomi SMA Jilid 2 – MT. Ritonga, Yoga  Firdaus Penerbit PT. Phibeta Jakarta  2007
b.     Alat                   :   Spydol




SOAL
1. Jelaskan defenisi Akuntansi yang dikemukakan oleh AAA (American Accounting Association) !
2. Sebutkan beberapa syarat kualitas informasi akuntansi!
3. Tuliskan tujuan akuntansi!
4. Tuliskan sejarah singkat Akuntansi!
5. Tuliskan pengertian laporan keuangan!


KUNCI JAWABAN

1.    Akuntansi menurut AAA (American Accounting Association) adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, dan penyampaian informasi ekonomi yang memungkinkan dilakukannya penilaian dan keputusan yang tepat bagi para pemakai informasi tersebut.
2.    Syarat kualitas informasi akuntansi: dapat dipahami, relevan, material, keandalan, penyajian jujur, substansi mengungguli bentuk, netralitas, pertimbangan sehat, kelengkapan, dan dapat dibandingkan.
3.    Tujuan akuntansi adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.
4.    Perkembangan akuntansi terjadi bersamaan dengan ditemukannya system pembukuan berpasangan (double entry book keeping systemI) oleh pedagang-pedagang venesia. Pada 1494 diterbitkan buku yang berjudul summa de arihtmatica, geometrica, proportioni et proportionalita. Bagian yang berisi mengenai pelajaran pembukuan berjudul tractatus de computis et scriptorio.
5.    Laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses akuntansi.



Penskoran
Soal
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2
Jumlah
10


Nilai = jumlah skor benar             x 100 
             jumlah skor maksimal      

     Stabat,    Oktober  2013
Mengetahui                            Disetujui Oleh
PKS I                                     Guru Pamong                           Mahasiswa Calon Guru



Mulyono, S.Pd                      Rina Khadijah.P, S.Pd          Hotmaida Sitompul
NIP.196708042006041001                                                    NIM. 7103142036

Share this article :

0 komentar:

Terima Kasih Sobat Telah Berkunjung ^_^

Dikomen yah sob dengan bahasa yg santun demi perbaikan kedepannya:)

Total Pageviews

me

me

Translate

Popular Posts

 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SALING BERBAGI (Hotmaida Sitompul) - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by