RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA
SWASTA PERSIAPAN STABAT
TAHUN
PELAJARAN 2013 / 2014
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas
/ Semester : XI IPS / II
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi
Indikator : 1. Menjelaskan
perkembangan akuntansi
2. Menjelaskan Akuntansi Sebagai Informasi
3. Menjelaskan Konsep Dasar dan Pemakai Informasi
Akuntansi
A. Tujuan Pembelajaran : 1.Siswa dapat menjelaskan
perkembangan akuntansi
2.Siswa dapat memahami Akuntansi Sebagai
Informasi
3.Siswa
dapat memahami Konsep Dasar dan Pemakai Informasi Akuntansi
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.
B. Materi Pokok
Akuntansi sebagai sistem
informasi
C. Uraian Materi
a) Akuntansi sebagai sistem informasi
b) Konsep Dasar dan Pemakai Informasi Akuntansi
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya jawab,
Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
akuntansi sebagai sistem informasi
|
·Mengkaji referensi tentang pengertian
dan jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan akuntansi
sebagai sistem informasi.
· Siswa dapat Menjelaskan syarat-syarat kualitas sistem
informasi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
kompetensi dasar yang harus dicapai dan esensi dari materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai akuntansi sebagai sistem
informasi sangat penting agar siswa terdorong untuk mempelajari ilmu akuntansi
lebih lanjut.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat
Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa diberi tugas untuk membuat ringkasan tentang
akuntansi sebagai sistem informasi.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
b. Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
- Hasil kerja individu (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang diberikan oleh guru (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
G. Sumber /Alat
a. Sumber Bahan : - Buku Akuntansi 1 SMA
kelas XI penerbit Yudhistira 2006
-
Buku Ekonomi SMA Jilid 2 – MT. Ritonga,
Yoga Firdaus Penerbit PT. Phibeta Jakarta
2007
b. Alat : Spydol
SOAL
1. Jelaskan
defenisi Akuntansi yang dikemukakan oleh AAA (American Accounting Association)
!
2. Sebutkan
beberapa syarat kualitas informasi akuntansi!
3. Tuliskan
tujuan akuntansi!
4. Tuliskan
sejarah singkat Akuntansi!
5. Tuliskan
pengertian laporan keuangan!
KUNCI JAWABAN
1.
Akuntansi
menurut AAA (American Accounting Association) adalah proses
pengidentifikasian, pengukuran, dan penyampaian informasi ekonomi yang
memungkinkan dilakukannya penilaian dan keputusan yang tepat bagi para pemakai
informasi tersebut.
2.
Syarat kualitas informasi akuntansi:
dapat dipahami, relevan, material, keandalan, penyajian jujur, substansi
mengungguli bentuk, netralitas, pertimbangan sehat, kelengkapan, dan dapat
dibandingkan.
3.
Tujuan akuntansi adalah menyediakan
informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi
keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam
pengambilan keputusan.
4.
Perkembangan akuntansi terjadi bersamaan
dengan ditemukannya system pembukuan berpasangan (double entry book keeping
systemI) oleh pedagang-pedagang venesia. Pada 1494 diterbitkan buku yang
berjudul summa de arihtmatica,
geometrica, proportioni et proportionalita. Bagian yang berisi mengenai
pelajaran pembukuan berjudul tractatus de computis et scriptorio.
5.
Laporan keuangan adalah hasil akhir dari
proses akuntansi.
Penskoran
Soal
|
Skor
|
1
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
4
|
2
|
5
|
2
|
Jumlah
|
10
|
Nilai = jumlah skor benar x 100
jumlah skor maksimal
Stabat, Oktober 2013
Mengetahui Disetujui Oleh
PKS
I Guru
Pamong Mahasiswa
Calon Guru
Mulyono, S.Pd Rina
Khadijah.P, S.Pd Hotmaida
Sitompul
NIP.196708042006041001 NIM.
7103142036
0 komentar:
Terima Kasih Sobat Telah Berkunjung ^_^
Dikomen yah sob dengan bahasa yg santun demi perbaikan kedepannya:)